Selamat Hari Isra Mi'raj

oleh Admin, 11 Maret 2021

Isra Mi’raj merupaka salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab di tahun kedelapan kenabian. Isra Mi’raj merupakan sebuah perjalanan suci dan luar biasa yang dialami oleh Nabi Muhammad. Mengapa luar biasa? Karena perjalanan suci ini terjadi hanya dalam satu malam.

Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram (Mekkah) ke Masjidil Aqsa (Yerussalem). Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh. Selama perjalanan ini Nabi ditemani oleh Malaikat Jibril dengan menggunakan Buraq.

Dalam perjalanannya Nabi Muhammad SAW bertemu dengan beberapa nabi di setiap tingkatnya. Di langit pertama bertemu dengan Nabi Adam; di langit kedua bertemu dengan Nabi Isa; di langit ketiga bertemu dengan Nabi Yusuf; di langit keempat bertemu dengan Nabi Idris; di langit kelima bertemu dengan Nabi Harun; dan di langit keenam bertemu dengan Nabi Musa.

Dari peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah langsung dari Allah SAW untuk melaksanakan sholat 50 waktu dalam satu hari. Namun ketika menerimanya, Nabi Musa memberikan peringatan kepada Nabi Muhammad SAW untuk memperhatikan kemampuan umatnya.

Nabi Muhammad SAW kemudian memohon keringanan kepada Allah SWT sehingga menjadi perintah sholat 5 waktu dalam sehari. Sejak kejadian inilah umat Islam wajib mendirikan sholat 5 waktu.

Semoga dengan membaca kisah ini dapat memperkuat keimanan kita dan tidak meninggal sholat 5 waktu sesuai dengan yang telah disyariatkan.